Berita Terkini

Ikuti Aturan Anies, Istiqlal Siapkan 5 Ribu Besek Bambu untuk Wadah Daging Kurban

Image result for Ikuti Aturan Anies, Istiqlal Siapkan 5 Ribu Besek Bambu untuk Wadah Daging Kurban

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panitia Kurban Masjid Istiqlal menyediakan 5.000 besek bambu. Besek bambu digunakan sebagai pembungkus daging kurban yang akan dibagikan untuk warga.

“Setelah disembelih, daging dicacah dan ditimbang sampai 1 kg, lalu dimasukkan dalam plastik ramah lingkungan, baru dimasukkan besek,” kata Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (11/9).

Besek bambu didatangkan dari pengrajin asal Tasikmalaya. Penggunaan besek ini, katanya, menindaklanjuti aturan diterbitkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Abu menjelaskan tahun ini penyembelihan hewan kurban dilakukan lebih cepat. Sehingga ditargetkan masyarakat mendapatkan distribusi daging kurban lebih cepat.

“Targetnya sebelum maghrib sudah didistribusikan. Kalau tahun lalu kan disembelihnya malam, jelang pagi kelar, baru dibagi,” ucapnya.

Untuk diketahui, Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, melarang warga DKI Jakarta menggunakan plastik sekali pakai sebagai wadah distribusi daging kurban. Sebagai gantinya, Anies meminta PD Pasar Jaya mencari penjual besek dari bambu untuk dijadikan supplier.

Anies mengatakan, besek bambu ramah lingkungan sekaligus membantu pengrajin kecil.

“Itu secara lingkungan ramah dan manfaat, itu berikan manfaat bagi petani bambu dan pengrajin besek di berbagai wilayah di Indonesia. Justru kita menggerakkan perekonomian di level bawah,” jelas Anies.

Sebelumnya, Pengelola Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat menerima sebanyak 23 ekor sapi dan 20 ekor kambing dalam perayaan Idul Adha 2019.

Sejumlah hewan kurban tersebut terdapat sejumlah titipan dari pejabat tinggi negara. Seperti halnya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kemudian dari sejumlah menteri seperti Budi Karya Sumadi, Susi Pudjiastuti, lalu Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Umum Partai PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kira-kira penyembelihan pukul 10.00 WIB atau 11.00 WIB,” kata Abu saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (11/8).

Selain sejumlah nama tersebut ada pula anak sulung Presiden Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto. Kemudian perwakilan dari Gereja Katedral juga menyerahkan hewan kurban serta sejumlah masyarakat. Sumber merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*