Berita Terkini

Berikut Beberapa Daftar Maskapai Akan Turunkan Harga Tiket Pesawat

Berikut Beberapa Daftar Maskapai Akan Turunkan Harga Tiket Pesawat 1

Berikut Beberapa Daftar Maskapai Akan Turunkan Harga Tiket Pesawat

 

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memutuskan untuk menurunkan harga tiket penerbangan murah atau low cost carrier (LCC). Menko Darmin mengatakan penurunan tarif tiket pesawat mulai berlaku akhir pekan ini atau awal Juli 2019.

Menko Darmin mengklaim sudah ada maskapai penerbangan yang menurunkan tarif tiket pesawat. Bahkan, dalam pekan ini satu per satu maskapai ditargetkan akan menurunkan tarif tiket.

“Jadi tunggu saja. Tapi dalam seminggu ini akan ada satu per satu,” kata Darmin.

Berikut ini maskapai yang turunkan harga tiket pesawat:

1. Lion Air Siap Jual Tiket Diskon 50 Persen

Lion Air akan mengikuti keputusan pemerintah sehubungan penurunan harga jual tiket pesawat pada jaringan domestik untuk kategori maskapai layanan minimum (no frills/ low cost carrier).

Lion Air akan memberlakukan harga jual tiket promo sampai dengan 50 persen dari tarif dasar batas atas (basic fare), akan diterapkan pada waktu (jam-jam) keberangkatan (schedule time departure) dan kondisi tertentu serta mengikuti syarat dan ketentuan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan tarif yang berlaku belum termasuk tarif bagasi tercatat (didaftarkan), pelayanan jasa penumpang udara (passenger service charges/ PSC), pajak pertambahan nilai (PPN) dan biaya asuransi (Iuran Wajib Jasa Raharja/ IWJR). Untuk pemesanan/ pembelian tiket promo harus dilakukan paling lambat 10 hari sebelum keberangkatan (H-10).

“Lion Air saat ini sedang melakukan persiapan dan proses terkait penyesuaian harga jual tiket,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6).

 

Berikut Beberapa Daftar Maskapai Akan Turunkan Harga Tiket Pesawat

 

2. Citilink

Kemudian maskapai yang berbasis LCC lainnya yakni Citilink juga siap mematuhi aturan menurunkan harga tiket pesawat. VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina mengatakan selama ini tiket pesawat yang dijual oleh Citilink selalu berada di bawah besaran tarif batas atas yang ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selalu operator.

“Citilink Indonesia dalam operasionalnya akan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh regulator,” kata Resty.

3. AirAsia

Sedangkan AirAsia, melalui Direktur Utama Air Asia Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan aturan yang ditetapkan pemerintahan terkait penurunan tiket pesawat bukan ditunjukkan kepada pihaknya. Dendy, menilai sejauh ini tiket pesawat yang dijual maskapainya sudah murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat.

“Saya rasa mungkin imbauan itu sebetulnya bukan ke kami. Kami sudah murah kok. Harga kami masih yang paling terjangkau,” kata Dendy.

Dia mengatakan rata-rata harga tiket atau avarage fare AirAsia mengalami penurunan pada kuartal pertama tahun ini. Dia menyebut, ada penurunan 3 persen avarage fare kuartal pertama 2019 jika dibandingkan pada periode yang sama tahun 2018. Pada kuartal pertama 2018, average fare AirAsia Indonesia tercatat sebesar Rp 580.499. Saat ini, di periode yang sama average fare turun menjadi Rp 563.095.

“Selalu kami katakan, kami tidak turunkan pun selama ini harga kami selalu yang terjangkau. Jadi sebelum diminta untuk turunkan pun kami sudah turunkan,” jelasnya.

Dia mengatakan pihaknya tidak akan melanggar tarif batas atas (TBA) maupun tarif batas bawah (TBB) yang dipatok Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dengan demikian, jika ada rute yang dinilai masih perlu diturunkan, dia mengaku siap menaati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*